Ingin Berkebun di Rumah? Simak Tips Untuk Pemula Berikut

Punya kebun sendiri di rumah? Tentu saja bisa! Pekarangan kecil yang ada di rumah bisa Anda sulap menjadi kebun kecil yang bisa ditanami dengan berbagai tanaman, baik sayur-sayuran maupun buah-buahan.

Kegiatan berkebun ini bisa menambah produktivitas serta mengurangi kadar stres penghuni rumah, loh. Selain itu, dengan memiliki kebun sendiri, kita jadi bisa menghemat pengeluaran belanja bahan makanan ‘kan. 

Nah, jika Anda tertarik memulai berkebun di rumah, coba simak tips dari Cahaya Tani berikut!

1. Pilih Area yang Tepat

Area yang tepat/foto: freepik.com/lifeforstock

Dalam memilih area kebun, penting untuk memastikan kadar cahaya matahari yang menyinari area tersebut. Umumnya, sayuran membutuhkan cahaya matahari sekitar enam jam per hari. 

Anda bisa memanfaatkan pekarangan depan, belakang, maupun rooftop yang mendapatkan cahaya matahari optimal. Selain cahaya matahari yang cukup, pastikan juga area tersebut memiliki ruang yang cukup serta dekat dengan sumber air.

2. Mulai dari Tanaman Favorit

Ilustrasi tanaman favorit/foto: freepik.com/freepik

Saat baru mulai berkebun, sebaiknya kita memilih tanaman-tanaman yang disukai atau dibutuhkan di rumah. Selain itu, pilih jugalah tanaman yang mudah dirawat terlebih dahulu. 

Beberapa opsi tanaman yang bisa dipilih adalah tomat, cabai, bayam, kangkung, dan selada. Nah, bibit terbaik untuk tanaman ini bisa Anda dapatkan di sini.

3. Persiapkan Tanah dan Media Tanam

Ilustrasi media tanam/foto: freepik.com/freepik

Ada beberapa media tanam yang bisa dipilih, seperti hidroponik, tabulampot, dan polybag. Dalam memilihnya, sesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam.

Selanjutnya dalam memilih tanah, pilihlah tanah yang bernutrisi tinggi atau yang sudah digemburkan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Campurkan tanah, kompos, dan pupuk alami dengan perbandingan yang pas sesuai karakteristik tanaman atau sayuran.

4. Jadwalkan Penanaman

Ilustrasi jadwal penanaman/foto: pexels.com/gretahoffman

Jika Anda berencana memiliki kebun dengan banyak jenis tanaman, sebaiknya jangan tanam semua bibit di waktu yang bersamaan. Pasalnya, kondisi tumbuh dan siklus tiap jenis tanaman bisa berbeda-beda tergantung pada tanaman dan musimnya. Jadi rencanakan jadwal penanaman secara matang, ya!

Nah, setelah memahami dengan baik tata cara dan tips berkebun di atas, Anda bisa segera mulai berkebun di rumah. Yuk lengkapi senjata berkebun Anda hanya di Cahaya Tani!