4 Keunggulan Bertanam dengan Teknik Hidroponik

Hidroponik merupakan teknik bertanam tanpa menggunakan media tanah. Teknik ini memanfaatkan air dan berfokus pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman. 

Sebenarnya, teknik ini sudah dikenal dan diterapkan sejak lama, yakni semenjak abad ke-16 Masehi. Dilansir dari Kompas.com, menurut sejarah yang beredar, The Hanging Garden of Babylon dipercaya sebagai penggunaan hidroponik pertama di dunia. 

Hingga saat ini, teknik bertanam hidroponik ini terus dikembangkan dan diterapkan. Pasalnya, bertanam dengan hidroponik memiliki keunggulan khusus dibandingkan dengan media tanah biasa. Apa saja manfaatnya? Simak yuk!

1. Hemat Lahan

Ilustrasi hidroponik/foto: pexels.com/pragyanbezbaruah

Keunggulan utama dari hidroponik adalah hemat tempat dan lahan. Metode ini dapat dilakukan di rumah meskipun tanpa pekarangan tanah, bahkan bisa dilakukan di lahan yang tertutup semen.

Selama ada tempat yang memperoleh sinar matahari untuk proses fotosintesis tanaman sistem hidroponik ini bisa diaplikasikan.

2. Hemat Air

Ilustrasi penyiraman tanaman/foto: freepik.com/freepik

Meskipun menggunakan air sebagai media tanamnya, sistem hidroponik tidaklah membutuhkan banyak air. Pasalnya, air yang telah digunakan akan terus disirkulasi atau diedarkan dalam sistem yang telah dibuat sebelumnya.

Bahkan, efisiensi pemakaian air dalam hidroponik mencapai 10% dari air yang diperlukan tanaman untuk tumbuh di tanah. Maka dari itu, sistem ini sangat cocok digunakan oleh wilayah pertanian atau perumahan yang memiliki persediaan air terbatas.

3. Bebas Hama

Ilustrasi sayur segar bebas hama/foto: freepik.com/jcomp

Metode hidroponik bisa meminimalisir atau menghilangkan hama yang menjadi musuh utama tanaman. Pasalnya, kebanyakan hama berasal dari tanah itu sendiri. Maka dari itu, dalam perawatan tanaman hidroponik tidak lagi menggunakan pestisida.

4. Hasil yang Lebih Banyak

Ilustrasi hasil tani yang lebih banyak/foto: freepik.com/jcomp

Nutrisi yang terdapat dalam air mengalir dalam sistem hidroponik akan lebih mudah diserap oleh tanaman. Dengan begitu, proses pertumbuhan tanaman bisa lebih baik karena nutrisi bisa langsung diserap. 

Hasilnya, pertumbuhannya pun lebih cepat, sehingga keuntungan yang didapatkan semakin meningkat. Selain itu, sistem hidroponik juga tidak bergantung pada cuaca sehingga ketersediaan sayur dan buah segar dapat lebih terjamin.

Nah, itu dia empat keunggulan yang didapatkan dari metode tanam hidroponik. Tertarik mengaplikasikannya? Yuk lengkapi kebutuhan pertanian Anda di sini!